Rabu, 06 Februari 2013

Prak. Kewirausahaan (Kumpulan Soal UAS) Smt V S-1 Manajemen




1.  bagaimanakah pengusaha Usaha Kecil Menengah seperti Rumah Makan D'COST, merancang menyusun dan menyajikan laporan keuangan usahanya dengan baik dan memadai yang sebelumnya belum pernah dilakukan UKM Rumah Makan D'COST sendiri.


2.  UKM adalah singkatan dari usaha kecil dan menengah. Ukm adalah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara indonesia ukm ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. Ukm ini juga sangat membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat ukm juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Selain dari itu ukm juga memiliki fleksibilitas yang tinggijika dibandingkan dengan usaha yang berkapasitas lebih besar. Ukm ini perluperhatian yang khusus dan di dukung oleh informasi yang akurat, agar terjadi link bisnis yang terarah antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan elemen daya saing usaha, yaitu jaringan pasar.

Terdapat dua aspek yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar, aspek tersebut adalah :
1. Membangun Sistem Promosi untuk Penetrasi Pasar
2. Merawat Jaringan Pasar untuk Mempertahankan Pangsa Pasar

Kinerja nyata yang dihadapi oleh sebagian besar usaha terutama mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang paling menonjol adalah rendahnya tingkat produktivitas, rendahnya nilai tambah, dan rendahnya kualitas produk. Walau diakui pula bahwa UMKM menjadi lapangan kerja bagi sebagian besar pekerja di Indonesia , tetapi kontribusi dalam output nasional di katagorikan rendah. Hal ini dikarenakan UMKM, khususnya usaha mikro dan sektor pertanian(yang banyak menyerap tenaga kerja), mempunyai produktivitas yang sangat rendah. Bila upah dijadikan produktivitas, upah rata-rata di usaha mikro dan kecilumumnya berada dibawah upah minimum. Kondisi ini merefleksikan produktivitas sektor mikro dan kecil yang rendah bila di bandingkan dengan usaha yang lebih besar.

Jelaskan dua aspek yang harus dikembangkan untuk membangun jaringan pasar
 
 
3.  Jelaskan Sistem akuntansi yang bagaimanakah yang tepat untuk UKM ES TELER 77 ?
 
4.  Jelaskan Peran Pemerintah dalam Pengembangan UKM Berorientasi Ekspor 
 
 
5.  Saat ini bisnis UKM yang bisa di sebut Usaha Kecil dan Menengah merupakan penyelamat dan penopang pertumbuhan ekonomi indonesia. Menurut pengalaman yang sudah dialami, saat perekonomian indonesia dulunya dihadapkan pada keadaan krisis ekonomi sehingga menyebabkan beberapa perusahaan bonafit dan perusahaan besar mengalami kebangkrutan bahkan nilai saham merreka semakin merosot, geliat dari pelaku pengusaha UKM masih bisa menunjukan eksistensi dan keberadaannya. Sehingga krisis ekonomi indonesia tidak berpengaruh sangat signifikan terhadap usaha kecil dan menengah yang umumnya menyisir pasar bisnis kebutuhan pokok rakyat kecil seperti sembako, dan lain-lain. Oleh karena itu ketika krisis ini terjadi, perekonomian indonesia pastinya nanti akan bertumpu pada Pelaku Pengusaha UKM.


Jelaskan Pendapat anda mengenai hal diatas !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar