Jumat, 08 Februari 2013

Kekuatan NIAT..........


Subhanallah… Betapa Hebatnya Kekuatan NIAT bagi Seorang Muslim


——————–
Seorang yang kuanggap sebagai adik atau mungkin anak lebih tepatnya, sesekali waktu mengajakku sharing  tentang masa depan, tentang agama dan tentang kehidupan pribadinya. Entah apa yang membuatnya percaya akupun kadang tak habis pikir (hehehe…). Disaat sedang butuh masukan, terkadang dia mencariku meski hanya untuk sekedar bercerita. Akan tetapi, karena kesibukan, ada kalanya akupun tak sempat mendengar cerita utuh darinya apalagi memberinya masukan, hmm… sedikit menyesal juga rasanya

Subhanallah…sesungguhnya dalam hati aku kagum padanya, dibandingkan dengan umur, pengetahuannya tentang agama sungguh diluar dugaan. Meski sesekali aku perlu saling meluruskan pandangan masing-masing.

Pagi tadi aku mendengar cerita tetangnya dari orang lain. Dari cerita orang itu, aku baru tahu kalau ternyata anak itu adalah seorang mualaf. Betapa terkejutnya aku, dalam waktu hanya 2 tahun saja dia mampu memiliki pengetahuan yang sebegitu luasnya tentang agama yang saat ini sama-sama kami anut.

Dulu sempat terucap dari bibirnya bahwa dia berniat menjadi seorang pembela islam. Dengan pemahaman agama yang seperti itu kupikir hal yang lumrah ketika dia bercita-cita demikian.
Namun, setelah aku mendengar cerita ini, aku berfikir bukanlah hal yang mudah untuk menjadi dirinya saat ini. NIAT yang besar di dalam hatinyalah yang membuat semua itu bisa terwujud. Timbul juga sediit rasa malu dalam hatiku, aku… yang semenjak lahir sudah memeluk islam dan dia yang baru 2 tahun, astaghfirullah….
———————–

N.I.A.T.

Teringat akan potongan hadist, ….innama a’malu binniyat “…Sesungguhnya amal manusia tergantung pada niatnya….” (Rowahul Bukhori wa Muslim)
Bagi seorang muslim, dari sanalah sumber segala amal manusia dan apa yang akan dia dapatkan nantinya. Apakah amalnya hanya bernilai di dunia atau bahkan bernilai di dunia dan akhiratnya. NIAT yang baik, meski akhirnya belum bisa telaksana, Allah sudah mencatatnya sebagai sebuah kebaikan bagi orang yang telah berniat.Sungguh Allah Maha Pemurah.

Diluar sana, banyak orang berkata “segala sesuatu bermula dari sebuah mimpi, jadi jangan takut untuk bermimpi”
Namun bagi saya, cukuplah potongan hadist di atas. Cakupannya jauh lebih luas dari pada hanya sepengal kata tentang mimpi. Gampangnya, dunia dapat-akhirat juga dapat. Untung kan ?!!

Dengan sebuah NIAT yang “baik, benar, dan ikhlas”, sadar ataupun tidak Allah akan membimbing langkah kita untuk mewujudkan apa yang telah kita niatkan. Tak hanya sekali dua kali, tetapi hal itu sudah saya alami sendiri.
Jadi betapa bodohnya ketika seorang manusia berkata, “apa dayaku??? Aku miskin, aku tak punya kekuatan apapun untuk menggapai sesuatu dalam hidupku”

Haiii….Sadarlah……….!!!!!!!!!!!!!
Masih ada Allah, tidak kah kau percaya??
Sadarlah…. Kamu punya suatu kekuatan yang hebat, sesuatu yang tak perlu kau membelinya. Itulah NIAT. Ketika sudah berNIAT, Allah akan membantumu, mendorongmu dan memudahkan langkah-langkah kecilmu menuju apa yang kau harapkan akan terwujud.

Tentu saja tidak hanya cukup berNIAT, tindak lanjuti dengan usaha yang konkret sambil berdoa dan tawakal kepadaNya. Semoga bermanfaat :) :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar