Rabu, 14 Maret 2012

Pengendalian Manajemen (Kumpulan Soal UTS)



  1. Mengukur Manajemen berarti mengukur keberhasilan pimpinan dalam mengelola perusahaan. Jelaskan ukuran-ukuran untuk melihat keberhasilan perusahaan sebagai dasar dalam mengembangkan suatu sistem informasi manajemen !


  2. Controller yang sangat cakap tidak mempunyai kesulitan untuk memelihara hubungan yang wajar dengan pimpinan yang lain, dan sesungguhnya dia dapat menduduki suatu posisi nomor dua pentingnya setelah pimpinan tertinggi. Jelaskan Fungsi dasar dan Tanggung jawab Controller !



  3. Controller bisa saja menyukai organisasi yang disentralisir jika dengan cara ini mereka lebih memungkinkan untuk mengendalikan kegiatan akuntansi. Jelaskan perbedaan organisasi Akuntansi yang disentralisasi dengan didesentralisasi !



  4. Buatlah Struktur organisasi yang khas bagi departemen Controller !



  5. FASB telah menerbitkan serangkaian pernyataan mengenai konsep akuntansi keuangan (Statement of Financial Accounting Conceps) tujuannya adalah untuk menguraikan azas-azas yang menjadi dasar penetapan norma kauntansi dan pelaporan, untuk menetapkan tujuan serta konsepsi yang akan digunakan FASB dalam mengembangkan norma-norma. Sebutkan pokok-pokok (isi) minimal 4 (empat) dari Statement of Financial Accounting Conceps no. 1 yang diterbitkan pada bulan November 1978 !


  6. Faktor terakhir yang penting untuk dipertimbangkan dalam suatu audit manajemen adalah Sistem Pengendalian. Mengapa diperlukan sistem pengendalian ? dan jelaskan cara pengendalian akuntansi terhadap operasi sebuah perusahaan !


  7. Dalam diagram yang diterbitkan oleh The Business Intelligence Program of SRI International, terdapat tiga komponen utama dalam suatu struktur perencanaan yang terintegral, yaitu : rencana strategis, rencana pengembangan perusahaan dan rencana operasi. Jelaskan ketiga rencana tersebut !


  8. Didalam makalah teman anda (Rianti P.) yang sudah dipresentasikan terdapat pengertian Pengendalian Internal menurut Mulyadi dan Warren, Reeve, & Fees. Jelaskan Perbedaannya !


  9. Didalam makalah teman anda (Yuli A.) yang sudah dipresentasikan, terdapat tiga alasan pentingnya perencanaan strategis. Sebutkan !


  10. Jelaskan peranan komputer dalam analisis usaha dan keuangan !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar