Kamis, 31 Januari 2013

................. ?






Hakekatnya manusia diciptakan di dunia ini adalah sebagai makhluk sosial. Tidak akan pernah ada manusia yang dapat bertahan di kehidupannya seorang diri tanpa bantuan manusia lain. Saling berinteraksi. Saling ketergantungan. Saling membutuhkan. Hidup ini akan sangat berarti jika kita memiliki seseorang yang berjalan bersama, bukan untuk membimbing kita tetapi untuk saling mengiringi setiap langkah yang akan dilalui. Seseorang yang akan mengulurkan tangan ketika kita terjatuh. Seseorang yang akan menunggu kita ketika kita tertinggal. Seseorang yang akan menghapus setiap air mata yang kita teteskan. Suatu hubungan interaksi antar manusia akan menumbuhkan suatu komitmen, sebuah kata janji yang mudah diucapkan tapi sangat sulit untuk ditepati. Sebuah janji yang jika terjaga maka tidak bisa dirusak dengan mudah . Kesetiaan.

Yang perlu diingat adalah setiap hubungan tidak hanya terjadi antara manusia dengan manusia tetapi juga bisa terjadi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain. Makhluk hidup yang memiliki nyawa pasti juga memiliki rasa empati dan rasa empati akan membuat semua makhluk menjadi makhluk sosial. Semakin besar rasa empati makhluk hidup maka semakin besar pula rasa berkomitmen, menjaga sebuah janji kesetiaan. Entah kesetiaan seseorang kepada pasangan hidupnya maupun kesetiaan seekor hewan piaraan kepada tuannya. Kesetiaan yang akan tumbuh diantara suatu hubungan yang terjalin. Dan ketika kesetiaan itu sudah tumbuh maka yang harus kita lakukan adalah menjaganya agar kesetiaan tetap berdiri kokoh memandu sebuah hubungan yang akan sulit terpisahkan.

 Menjaga kesetiaan memang tidak semudah membalik telapak tangan, akan datang berbagai kondisi dan situasi yang akan menguji seberapa tebalkah suatu kesetian. Ketika kita berkomitmen setia maka tidak akan ada alasan untuk mengingkarinya karena jika mengingkarinya maka kita akan kehilangan seseorang yang selama ini mendampingi kita. Dan lebih buruk lagi penyesalan yang akan kita terima, rasa bersalah yang tak termaafkan. Penyesalan seumur hidup kepada diri sendiri karena telah mengingkari sebuah janji kesetiaan. Kita harus berjuang untuk menjaga sebuah nilai kesetiaan kepada semua orang yang kita janjikan sebuah kata setia. Dan jangan mengharapkan lebih atas kesetiaan yang kita lakukan.

Kesetiaan tidak membutuhkan balasan karena kesetiaan hakekatnya akan dibalas dengan kesetiaan pula. Jangan pernah pamrih atas kesetiaan, ingatlah selalu bahwa kita harus melupakan setiap kebaikan yang kita berikan dan selalu mengingat setiap kebaikan yang pernah kita terima. Dengan begitu kita akan lebih menghargai makna dari kesetiaan itu sendiri. Tanpa pamrih. Ikhlas. Kesetiaan yang di dalamnya terdapat rasa ikhlas secara otomatis hal itu akan menciptakan suatu ikatan yang akan terlandasi oleh kesetiaan. Ikatan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lain. Persahabatan. Cinta.

Persahabatan adalah mawar dan tidak ada mawar yang tidak berduri. Persahabatan bukanlah hubungan yang terjadi secara otomatis tetapi suatu ikatan yang membutuhkan sebuah proses lama. Proses yang memetamorfosis ikatan pertemanan biasa menjadi ikatan yang sangat sulit dipisahkan. Sebuah hubungan dari usaha mempertahankan kesetiaan yang akan membuahkan sebuah kata sederhana. Sahabat. Entah persahabatan antar manusia maupun manusia dengan hewan jika sebuah hubungan tersebut dilandasi dengan kesetiaan maka tidak ada khawatir di dalamnya. Berlandaskan rasa percaya sesamanya tanpa adanya dusta yang disembunyikan maka persahabatan tersebut akan menjadikan tenang, tanpa ada masalah yang berarti. Seandainya persahabatan hanya dibumbui dengan kebohongan kebohongan maka akan terjadi saling ketidakpercayaan dan itu akan membawa jauh dari kesetiaan karena kesetiaan merupakan buah dari kejujuran dan kepercayaan. Ketidaksetiaan yang timbul ditengah tengah persahabatan hanya akan menghancurkan sebuah ikatan yang sudah bertahun tahun dibangun. Bukankah membangun lebih sulit daripada menghancurkannya.

Ketika bermodal sebuah kesetiaan dimana telah dijanjikan maka dengan sendirinya akan timbul solidaritas yang kuat.  Dengan adanya kesetiaan akan sangat mudah terbentuk suatu ikatan emosi yang cukup kuat untuk membangun suatu sikap yang solid antar sesama makhluk hidup. Rasa kepedulian antar sesama makhluk hidup yang akan menjadikan kita manusia sosial tingkat tinggi. Menyadari bahwa kita tidak mungkin dapat menjalani hidup tanpa makhluk lain yang mendampingi kita. Menyadari pentingya keberadaan makhluk hidup lain di tengah tengah kehidupan yang kita jalani. Rasa solidaritas yang akan dihiasi oleh sebuah rasa yang mendampingi sebuah kesetiaan. Cinta.

Kesetiaan tidak berjalan sendiri. Ada cinta. Cinta dan kesetiaan merupakan kalaborasi yang akan menambah khazanah sebuah komitmen suatu hubungan yang telah dijanjikan. Cinta dan kesetiaan seperti dua sisi dalam satu keping  mata uang yang tidak terpisahkan. Cinta menjadi landasan sebuah kesetiaan. Di dalam kesetiaan terkandung nilai cinta yang mempersatukan. Sulit membayangkan ada cinta berdiri sendiri tanpa disertai kesetiaan. Demikian pula sulit memahami, ada sebuah kesetiaan tanpa landasan cinta di dalamnya. Cinta tanpa kesetiaan adalah kosong. Dan kesetiaan tanpa didasari cinta adalah kepura-puraan. Dalam kesetiaan ada komitmen melayani tanpa pamrih tulus ikhlas apa adanya berlandaskan kelapangan hati dan kasih sayang. Cinta yang akan membawa kita kepada kesetiaan suci yang akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya kontak kita di dunia.

Kesetiaan berujung pada sebuah harapan entah harapan yang menjadi kenyataan atau harapan yang hanya akan menjadi penantian tak berujung. Harapan sia sia yang tumbuh dari benih kesetiaan. Tapi jika kesetiaan sudah mendarah daging dalam tubuh kita maka sampai kapanku kita akan mampu mempertahankan harapan yang mustahil sekalipun. Harapan yang hanya dapat terpisahkan oleh tembok kokoh tanpa satupun celah. Maut. Hanya mautlah yang akan menjadi bukti terakhir besarnya suatu kesetiaan. Suatu garis akhir yang bukan menjadi kuasa kita. Kita hanya berusaha mempertahankan kesetiaan. Kita hanya berusaha mencari arti dari sebuah kesetiaan. Kita hanya balajar setia dari semua makhluk hidup yang mempercayakan kesetiaannya kepada kita.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa dalam menjalin suatu hubungan interaksi antar sesama makhluk hidup sandarkanlah pada sebuah janji komitmen yang sangat sederhana. Persahabatan. Cinta. Kasih sayang. Semuanya. Sandarkanlah pada sebuah kesetiaan. Kesetiaan yang akan membawa kita kepada kebahagiaan dan keindahan. Yang mampu membuat kita tersenyum walaupun maut menjemput kita. Sebuah janji sederhana yang jika terjaga maka tidak bias dirusak dengan mudah. Kesetiaan.

Alhamdulillah
karena kau sendiri yang ingkari "kesetiaanmu"
Sehingga membuatku jadi Sadar.


Biar Mautlah. .
Hanya maut. .
Yang akan menjadi bukti. .
Betapa besar kesetiaanku padamu. .
Sebagai rasa terima kasihku. .
Atas separuh nafas hidupmu. .
Yang kau tiupkan dalam jiwaku. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar