Senin, 19 November 2012

Gaza Kian Mencekam............,,,,,,,,,,!


Gaza Kian Mencekam, Filipina Persiapkan Evakuasi Warganya

Rita Uli Hutapea - detikNews
Manila, - Situasi di Gaza kian mencekam. Pemerintah Filipina pun mengirimkan para diplomatnya ke Timur Tengah untuk menyiapkan kemungkinan evakuasi warganya dari Gaza.

Para diplomat Filipina tersebut terbagi dalam dua tim "respons cepat". Salah satu tim pergi ke Mesir dan tim lainnya ke Israel untuk membantu kedutaan-kedutaan Filipina di negeri itu merancang strategi evakuasi bagi warga Filipina.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (19/11/2012), juru bicara Departemen Luar Negeri Filipina Raul Hernandez mengatakan, pemerintah Filipina bersikap proaktif sehingga ketika situasi memburuk, warga Filipina di Gaza bisa dievakuasi.

Dikatakan Hernandez, ada sekitar 100 warga Filipina di Gaza yang mungkin perlu dievakuasi. Meskipun sejauh ini belum ada warga Filipina yang meminta bantuan Manila untuk mengevakuasi mereka dari Gaza.

Dikatakannya, kebanyakan warga Filipina di Gaza menikah dengan warga Palestina sehingga mereka mungkin berat untuk meninggalkan Gaza. Namun pemerintah Filipina tetap menyiapkan rencana darurat untuk mengevakuasi mereka, baik melalui perbatasan dengan Mesir ataupun lewat Yordania.

Serangan-serangan udara dan tembakan artileri Israel ke Gaza telah menewaskan setidaknya 87 warga Palestina dalam enam hari terakhir. Rentetan serangan sejak 14 November itu juga menyebabkan lebih dari 700 orang lainnya luka-luka. Beberapa di antara para korban luka saat ini dalam kondisi kritis.

Sebelumnya, pejabat-pejabat Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan, serangan-serangan Israel pada Minggu, 18 November menewaskan 31 warga Palestina, termasuk satu keluarga yang terdiri dari 9 orang. Di antara satu keluarga tersebut, lima di antaranya anak-anak. Mereka tewas ketika rudal Israel menghancurkan rumah mereka di Gaza City.
(ita/nwk)



Sumber:  http://news.detik.com/read/2012/11/19/162914/2094688/1148/gaza-kian-mencekam-filipina-persiapkan-evakuasi-warganya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar