Minggu, 05 Agustus 2012

Kumpulan Soal UAS (Manajemen Risiko)


  1. Sebagai pimpinan atau penanggung jawab tertentu dalam perusahaan, apa saja fungsi – fungsi yang dapat saudara lakukan dalam melakukan pengelolaan terhadap resiko yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan?
  2. Jelaskan Hubungan Manajemen Risiko dengan Manajemen K3 !
  3. Jelaskan pengukuran risiko likuiditas !
  4. Jelaskan perbedaan antara kontrak spot, kontrak forward dan kontrak futures !
  5. yang dimaksud dengan Hedging foreign exchange risk dan Hedging credit risk !
  6. Jelaskan mekanisme hedging menggunakan opsi !
  7. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi harga atau premi opsi !
  8. Berikan 5 contoh-contoh resiko yang dapat dihadapi oleh perusahaan beserta dampaknya !








B. SOAL KASUS (Bobot 30%)


  1. Di Indonesia special purpose vehicle dalam penerbitan efek beragun aset menggunakan bentuk Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA). KIK EBA merupakan kontrak antara Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian (BK) yang mengikat para pemegang efek beragun aset, dimana MI diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan BK diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif. Pada prinsipnya, bentuk transaksi dalam melakukan sekuritisasi atas aset keuangan dapat dibagi dalam 3 kelompok, yaitu:
    a. Agunan (biasa) – perusahaan yang mempunyai piutang menerbitkan efek (asset backed securities) dengan dasar (agunan) piutang tersebut.
    b. Pindah tangan (pass through) – piutang suatu perusahaan dijual kepada pihak lain yang kemudian menerbitkan efek, sehingga kepemilikan atas piutang beralih dari kreditur awal kepada para investor. → true sale → KIK EBA
    c. Salur bayar (pay through) – kepemilikan piutang tetap berada pada kreditur awal, namun setiap pelunasan atas piutang langsung disalurkan kepada para investor.
    diminta: dari ketiga kelompok diatas, jelaskan tingkat risiko yang paling besar dan sering terjadi serta bagaimana cara mengatasinya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar