Jumat, 31 Agustus 2012

Surah Al Baqarah (2) Ayat 3 - 5

Sumber  :
الذين يؤمنون بالغيب ويقيمون الصلوة وممّا رزقنهم ينفقون (3)والذين يؤمنون بما أُنزل إليك وما أُنزل من قبلك وبالأخرة هم يوقنون (4) أُولئك على هدا من رّبّهم وأولئك هم المفلحون (5)
“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka. “ (3)
“Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Qur’an) yang telah di turunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. “(4)
Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Rabb-nya, dan merekalah orang-orang yang beruntung.”(5)

PENJELASAN KATA
يؤمنون بالغيب-“Yu’minuna bil-gahib” :Mereka membanarkan dengan sejujur-jujurnya segala apa yang termasuk kategori ghaib yang tidak terjangkau oleh panca indera manusia, separti Tuhan, baik dalam Dzat maupun Sifat-sifat-Nya, para malaikat, hari kebangkitan, syurga beserta sagala kenikmatannya dan neraka beserta adzabnya.
ويقيمون الصلوة -“Wayuqiimuunash _Shalaata” :Melaksanakan shalat 5 waktu secara tetap dan tepat pada waktunya dengan memperhatikan syarat, rukun dan sunnah-sunnahnya serta menambahnya dengan shalat-shalat sunnah rawatib lainnya.
وممّا رزقنهم ينفقون-“Wa Mimmaa Razaqnaahum Yunfikuun”: Mereka menginfakkan dari sebagian harta yang di berikan oleh Allah  Ta’ala kepada mereka dalam bentuk mengeluarkan zakat, membelanjakannya untuk keperluan diri, istri, anak dan kedua orang tua, dan bersedekah kepada fakir miskin.
يؤمنون بما أُنزل-“Yu’minuuna bimaa Unzila Ilaika” : Mereka membenarkan wahyu yang di turunkan kepadamu, wahai Rasul, berupa Al-Kitab dan As-Sunnah.
وما أُنزل من قبلك-“Wa Maa Unzila min Qablika” :Mereka membenarkan kitab-kitab yang di turunkan oleh Allah Ta’ala kepada para Rasul sebelum kamu seperti Taurat, Injil dan Zabur.
وبالأخرة هم يوقنون-“Wa bil Aakhirati Hum Yuuqinuun” :Dengan adanya kehidupan di alam akhirat beserta peristiwa yang akan terjadi di sana berupa penghitungan amal (hisab),pahala dan siksa, mereka mengetahui dan meyakini. Mereka tidak ragu-ragu sedikitpun disebabkan keimanan mereka yang sempurna dan ketaqwaan mereka yang tinggi.
أُولئك على هدا من رّبّهم -“Ulaa’ika ‘alaa Hudan min Rabbihim” :Sebuah isyarat untuk mereka yang mempunyai lima karakteristik di atas. Kalimat ini juga memberitahukan bahwa atas petunjuk yang diberikan oleh AllahTa’ala kepada mereka sehingga mereka bisa beriman dan beramal shalih, mereka teguhberistiqamah di atas manhaj Allah Ta’ala yang akan menghantarkan mereka kepada keberhasilan.
وأولئك هم المفلحون-“Wa Ulaa’ika Hum al-Muflihun” :Isyarat untuk mereka yang memperoleh petunjuk(hidayah) secara sempurna dan pemberitahuan bahwa merekalah orang-orang yang beruntung dan layak mendapatkan kesuksesan hidup yang sesungguhnya, yakni masuk ke dalam  Syurga dan selamat dari api Neraka.




HARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar