Jumat, 24 Januari 2014

Pengendalian Manajemen (Kumpulan Soal UAS 2014)



  1. Tujuan dari penilaian persediaan adalah untuk menyajikan secara wajar posisi keuangan perusahaan sebagai suatu going concern dan bukan sebagai perusahaan yang sedang menuju pembubaran atau dalam likuidasi. masalah penilaian persediaan diantaranya penetapan biaya2 apakah akan dimasukkan. apakah biaya pengangkutan masuk wajar dimasukkan dalam harga pokok persediaan ?

  2. Controller harusmempertimbangkan metode2 yg dapat memperoleh informasi dengan cepat dan menyajikannya dalam cara yang dapat dipergunakan. tindakan2 apakah yg dapat diambil untuk menyiapkan laporan2 periodik dengan cepat agar dapat dipergunakan secara maksimum oleh manajemen ?

  3. Salah satu tanggungjawab controller adalah menyiapkan laporan yang cermat tentang hasil operasi dan kondisi keuangan perusahaan. kecermatan laporan keuangan tergantung dari nilai yang diberikan pada persediaan dan ini berhubungan dengan dua faktor. jelaskanlah dua faktor inia. a. kuantitas yang ada, b. penilaian yang diberikan kepada kuantitas yang dilaporkan. 
     
  4. Citibank ingin meningkatkan pendapatan dan labanya melalui kartu kredit danlayanan prioritas. Dalam kenyataannya kedua produk ini menimbulkanpermasalahan bagi Citibank. Jelaskan sumber terjadinya permasalahan dan saranperbaikan dengan menggunakan kerangka kerja Levers of Control, sepanjangsistem yang terdapat pada kerangka tersebut relevan dan dapat diterapkan ?

  5. Apakah sistem kompensasi (sistem penilaian kinerja dan sistem insentif) memilikiperanan atas terjadinya korupsi di birokrasi dan parlemen? Jika berperan, jelaskanpermasalahan yang terjadi pada sistem kompensasi sekarang ini sehingga korupsimasih banyak ditemukan dan apa saran perbaikannya.Jika tidak berperan, jelaskan mengapa dilakukan reformasi birokrasi diKementerian Keuangan memasukkan kenaikan gaji PNS Kementerian Keuangansebagai bagian dari reformasi tersebut dan mengapa anggota parlemen harusmemperoleh pendapatan yang relatif sangat besar. Jelaskan pula faktor yang lainsebetulnya memiliki peranan atas terjadinya korupsi dan saran perbaikannya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar