Jumat, 24 Januari 2014

Pengembangan Diri (kumpulan Soal UAS 2014)




  1. Kekuatan dan kewenangan bertujuan untuk melegitimasi kepemimpinan dan seharusnya tidak untuk menciptakan ketakutan. Peningkatan diri dalam pengetahuan, ketrampilan dan sikap sangat dibutuhkan untuk menciptakan seorang pemimpin yang berpinsip karena seorang pemimpin seharusnya tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga emosional (IQ, EQ dan SQ) Mitos pemimpin adalah pandangan-pandangan atau kenyakinan-keyakinan yang dilekatkan kepada gambaran seorang pemimpin. Mitos ini disadari atau tidak disadari mempengaruhi pengembangan pemimpin dalam organisasi. Jelaskan 3 (tiga) mitos yang berkembang dimasyarakat yaitu : mitos the birthright, mitos the for all-season dan mitos the intensity.

  2. “Saya bermotivasi tinggi untuk memperbaiki diri sendiri” sebuah contoh kalimat yang digunakan untuk menaikkan motivasi pada diri kita sendiri, untuk sesuatu yang kita inginkan. Untuk termotivasi, ketahui terlebih dahulu apa yang anda inginkan selanjutnya anda harus dapat meningkatkan energi keinginan itu dan siap untuk melakukan apa saja agar keinginan dapat tercapai. Dalam kehidupan kita, kita sering meniatkan untuk melakukan pengembangan atau merubah kondisi yang kita miliki, tapi sering tidak dilakukan dan berhenti hanya sebagai niat saja. Kenapa berhenti ? Jelaskan !

  3. Jelaskan 5 (lima) dari 7 (tujuh) prinsip komunikasi yang suportif dibawah ini, nBerorientasi pada masalah, bukan pada pribadi. • Ada kesesuaian antara apa yang dikatakan dengan yang dirasakan. Bersifat deskriptif, bukan evaluatif. • Menghargai orang yang diajak bicara.
    • Bersifat spesifik, bukannya global. • Bersifat dua arah, tidak menyela, tidak mendominasi. • Bertanggung jawab atas apa yang dikatakan.(apa penyebabnya dan bagaimana solusinya)

  4. Banyak orang beranggapan bahwa kemampuan berbicara di depan umum adalah bakat alam. Ada orang yang memang berbakat dan ada orang yang tidak berbakat. Orang-orang ini beranggapan bahwa para pembicara terkenal sudah dari kecil pandai berbicara di depan umum. Namun, fakta menunjukkan lain. Banyak pembicara hebat yang sebelumnya takut berbicara di depan umum. Mereka menjadi hebat karena belajar serius, mengamati pembicara sukses, mencobanya, dan belajar dari kegagalan maupun keberhasilan.
    bagaimana supaya kita agar percaya diri (PeDe) saat berbicara di depan umum ? Dan apa penyebab kita tidak percaya diri ?

  5. Tidak Hanya sebuah produk yang harus dipasarkan dengan Ilmu Marketing,
    Kita pun sebagai Manusia bisa memasarkan diri kita dengan menggali nilai-nilai positf yang ada pada diri kita. Hermawan Kertajaya menyatakan bahwa core strategy untuk memasarkan diri, dapat dilihat sebagaimana perusahaan melakukan pemasaran, yaitu didasarkan pada segitiga PDB (Positioning, Differentiation dan Brand) Jelaskan Positioning: Bagaimana memposisikan diri dengan jelas dibenak pelanggan, atau target market. Jelaskan Diferensiasi: Bagaimana menopang positioning yang tepat dengan diferensiasi yang kokoh. Apa sumber daya anda ? Jelaskan Branding: Bagaimana anda membangun ekuitas merk diri anda secara berkelanjutan.

  6. Di buku being happy ada istilah POLA yang menjadi penentu dalam kesuksesan seseorang. Apa anda bisa jelaskan mengapa ? Dan buku being happy ada konsep hidup hari ini jangan hidup di masa lalu atau masa depan, mengapa ?

  7. Konsep diri merupakan sumber malapetaka bagi seseorang mengapa ?

  8. Mengasah sisi tajam merupakan kewajiban yang jarang dilakukan orang, mengapa ?

  9. Mengapa masih banyak orang malas ?

  10. Significant Others adalah kelompok orang yang berpengaruh kepada pribadi, siapakah mereka ini ?

  11. Kesuksesan diukur dengan banyak cara dan sudut pandang, bagaimana sebenarnya ukuran sukses itu ?

  12. Apa makna pernyataan bahwa hidup ini panggung sandiwara ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar