Selasa, 16 April 2013

Manajemen Mutu (Kumpulan Soal UTS Ekstensi 2013)

1. Jelaskan Tentang :
a. Prinsip Manajemen Mutu
b. Kebijakan dan Strategi Mutu
c. Desain Mutu
d. Kontrol Mutu
e. Persyaratan Mutu


2. Jelaskan tentang pengendalian mutu pangan dan berikan contohnya !


3. JElaskan tentang peran industri pangan terhadap pemenuhan mutu produk pangan yang dihasilkan dan berikan contohnya




SOAL  KASUS  !

1.   Di ISO 9001:2000 (sekarang 2008), klausa 8.2.2 menyebutkan bahwa adalah wajib hukumnya bagi suatu organisasi untuk melaksanakan program audit internal berkala dan terencana. Dalam prosedur mutu suatu perusahaan tidak ditemukan sama sekali deskripsi tentang ‘audit internal’.
Yang ada, perusahaan itu menyatakan bahwa mereka melakukan ‘assessment internal’ berkala dan terencana terhadap sistem manajemen mutunya. Dalam penjelasan prosedur mutu, disebutkan bahwa definisi ‘assessment’ adalah : suatu proses yang sistematis, independen dan terencana untuk menemukan bukti ‘assessment’ dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menilai kesesuaiannya terhadap ‘kriteria assessment’.
Pertanyaannya : .................................


2.  Pada tahun 1930 an salah satu negara Asia yaitu Jepang mendirikan pabrik mobil yang bermerek  Toyota. Yang didirikan oleh Kichiro Toyota. Mobil pabrikan Toyota ini terus meningkatkan  produksinya hingga mencapai puncaknya pada tahun 1970 an hingga sekarang sangat diminati oleh seluruh masyarakat.Kini Toyota telah menjelma menjadi perusahaan mobil terbesar di
 dunia, melibas pabrikan raksasa seperti General Motor, Volkswagen ataupun Peugeot. Salah satu dimensi kunci yang membuat nama Toyota menjadi demikian harum barangkali adalah  kualitas produk yang dihasilkannya.
 Darinya kita mengenal konsep seperti Toyota Lean Manufacturing, Kaizen (perbaikan berkelanjutan) ataupun juga “just in time inventory”. Dari sinilah kemudian, kita juga mengenal beragam merk mobil dengan kualitas kelas dunia, mulai dari sang legenda Totoya Camry, Toyota Fortuner hingga Lexus. Lalu, rahasia apa yang membuat nama Toyota terus menjulang? Tulisan kali ini mencoba mengeksplorasi jawabannya. Dan jawaban itu mungkin secara komprehensif dapat disimak dalam sebuah buku yang amat memikat berjudul The Toyota Way : 14 Management Principles from the World’s Greatest Manufacturer yang ditulis oleh Jeffrey Liker. Dalam buku ini dibentangkan sejumlah prinsip kunci yang membuat Toyota  menjadi apa yang seperti kita kenal saat ini. Dalam kesempatan ini,
Jelaskan ................................





3.   Sejalan dengan diterbitkannya ISO 9001:2008 pada 14 November 2008, ketentuan transisi dari versi 2000 ke versi 2008 yang telah ditetapkan dan disepakati oleh IAF-ISO (melalui joint communique) adalah sebagai berikut:
 a. Mulai 14 November 2009 (yaitu tepat satu tahun sejak tanggal terbitnya ISO 9001:2008), semua sertifikasi        baru (bukan renewal atau perjanjangan) harus mengacu pada ISO 9001:2008.
 b. Mulai 14 November 2010 (yaitu tepat dua tahun sejak terbitnya ISO 9001:2008), semua sertifikasi tahun berjalan yang masih mengacu pada ISO 9001:2000 menjadi tidak berlaku lagi (no longer valid).
Jelaskan.............................




4.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar