Minggu, 16 Maret 2014

Pemeriksaan Akuntansi II (Tugas 2; PRAKTIKUM, Semester Genap 13/14 UNB)

Jawablah Soal-Soal dibawah ini dengan baik.
Jawaban di tulis di Ms. Word dan dikirim via email paling lambat
hari jumat, 21 Maret 2014
Tugas Praktikum ini dianggap sebagai kuliah pengganti 1 kali tatap muka perkuliahan.





1.                  Berikut ini diberikan beberapa pilihan pengendalian internal, tujuan audit dan prosedur audit untuk transaksi penjualan:
a.       Penjualan yang dicatat adalah sah
b.      penjualan yang ada telah dicatat
c.       transaksi penjualan telah dimasukkan dengan benar dalam buku tambahan dan diikhtisarkan dengan benar.
Prosedur :
a.      Telusuri sampel dokumen pengiriman kedalam duplikat faktur penjualan yang berkaitan dan jurnal penjualan untuk memastikan apakah pengiriman tersebut telah ditagih.
b.      Periksa sampel duplikat faktur penjualan untuk mengetahui apakah masing-masing dilampiri dengan dokumen pengiriman.
c.      Periksa jurnal penjualan untuk sampel transaksi penjualan guna mengetahui apakah masing-masing mendapat “tick mark” dilajurnya yang menandakan bahwa transaksi tersebut telah dibukukan kedalam buku tambahan piutang usaha.
d.      Periksa sampel dokumen pengiriman untuk menentukkan apakah masing-masing dibubuhi nomor duplikat faktur penjualan yang ditulis disudut kiri bawah.
e.      Telusuri sampel ayat debet dalam buku tambahan piutang usaha kedalam jurnal penjualan untuk mengetahui apakah tanggal, nama pelanggan, dan jumlahnya sama.
f.        Telusuri sampel duplikat faktur penjualan kedalam dokumen pengiriman  yang berkaitan yang disimpan di bagian pengiriman, untuk mengetahui apakah pengiriman telah dilakukan.
Diminta :
a.      untuk setiap tujuan, tentukan paling sedikit satu kesalahan spesifik yang bisa terjadi.
b.      uraikan perbedaan antara maksud tujuan pertama dan kedua.
c.      untuk setiap prosedur audit, tentukan apakah itu pengujian pengendalian atau pengujian substantif atas transaksi (masing-masing ada tiga).
d.      Untuk setiap tujuan, tentukan satu pengendalian dan satu pengujian substabstif atas transaksi.
e.      Untuk setiap pengujian pengendalian, nyatakan pengendalian internal yang diuji. Juga tentukan atau sebutkan satu kesalahan yang ingin dihindarkan oleh klien dengan menggunakan pengendalian tersebut.    (Buku Adt 37)



2.                  berikut ini diberikan prosedur audit yang biasa untuk menguji penjualan dan penerimaan kas.
a.       Bandingkan kuantitas dan keterangan dari item-item pada duplikat faktur penjualan dengan dokumen pengirimannya yang berkaitan.
b.      Telusuri penerimaan kas yang dicatat dalam buku tambahan piutang usaha kedalam jurnal penerimaan kas dan bandingkan nama pelanggan, tanggal dan jumlah masing-masing.
c.       Periksa duplikat faktur penjualan, apakah ada tanda bahwa harga jual per unit telah dibandingkan dengan daftar harga yang disahkan.
d.      Periksa duplikat faktur penjualan untuk menentukan apakah klasifikasi rekening penjualan telah dimasukkan dalam dokumen tersebut.
e.       Periksa jurnal penjualan untuk mencari transaksi “related party” (pihak yang berkaitan), wesel tagih dan pos-pos lain yang tidak biasa.
f.        Pilihlah sampel pesanan pelanggan dan telusuri dokumen-dokumen tersebut kedalam dokumen pengiriman yang berkaitan, faktur penjualan, dan buku tambahan piutang usaha untuk kelengkapan nama, tanggal dan jumlahnya.
g.       Buat pembuktian penerimaan kas.
h.       Periksa sampel nota penerimaan kas untuk persetujuan potongan tunai.
i.         Periksa urutan nomor  nota penerimaan kas dan tentukan  apakah ada tanda pengecekan silang pada setiap nota tersebut, yang menunjukkan bahwa nota penerimaan kas itu telah dicatat dalam jurnal penerimaan kas.
Diminta :
a.       Tentukan apakah setiap prosedur audit merupakan pengujian pengendalian atau pengujian substantif atas transaksi.
b.      Tetapkan mana dari ketujuh tujuan audit yang dicapai oleh masing-masing prosedur diatas
c.       untuk setiap pengujian pengendalian dalam bagian a, tetapkan pengujian substantif yang dapat digunakan untuk menentukan apakah ada kesalahan moneter.  (Buku Adt 38)


3.                  Dodge, akuntan publik, sedang memeriksa laporan keuangan sebuah perusahaan manufaktur dengan jumlah piutang dagangyang material. Dodge merasa puas bahwa piutang diikhtisarkan dan digolongkan dengan benar dan bahwa alokasi, penggolongan kembali dan penilaian dilakukan sesuai dengan prinsip akuntansiyang lazim. Dodge sedang merencanakan untuk memakai permintaan konfirmasi piutang untuk memenuhi norma ketiga pemeriksaan akuntan untuk piutang.
Diminta :
a.       sebutkan dan jelaskan kedua bentuk permintaan konfirmasi piutang dan tunjukkan faktor-faktor apa yang akan dipertimbangkan dodge dalam menentukan kapan akan memakai setiap jenis konfirmasi tersebut ?
b.      Andaikan Dodge telah menerima jawaban yang memuaskan atas permintaan konfirmasi tersebut. Jelaskan bagaimana Dodge dapat mengevaluasi ketertagihan piutang dagang itu.
c.       Apakah implikasi bagi seorang akuntan publik jika selama pemeriksaanya atas  piutang, beberapa pelanggan klien tidak menjawab permintaan konfirmasi positif atas saldo hutangnya ?    (Buku Adt 110)


4.                  Berikut ini merupakan pengujian rincian saldo yang umum untuk audit piutang.
a.       Dapatkan daftar piutang menurut umur, jumlahkan  daftar tersebut  dan telusuri totalnya kebuku besar.
b.      Telusuri tiga puluh lima piutang pada buku tambahan untuk nama, jumlah, dan kategori umur.
c.       Periksa dan dokumentasikan penagihan piutang untuk 20 hari sesudah tanggal penugasan.
d.      Mintalah 25 konfirmasi positif dan 65 konfirmasi negatif untuk piutang.
e.       Laksanakan prosedur alternatif  atas piutang yang tidak menjawab permintaan konfirmasi kedua dengan memeriksa dokumen penagihan berikutnya dan laporan pengiriman  jika ada/faktur penjualan.
f.        Ujilah pisah batas penjualan dengan menelusuri ayat-ayat pada buku harian penjualan untuk 15 hari sebelum dan sesudah tanggal penugasan kelaporan pengiriman jika ada, dan atau faktur penjualan
g.       tentukan dan ungkapkan piutang yang digadaikan, didiskontokan, dijual, dipindahtangankan atau dijaminkan oleh pihak lain
h.       evaluasi materialitas saldo kredit pada neraca saldo menurut umur.
Diminta :
Untuk setiap prosedur audit, sebutkan tujuan atau tujuan-tujuan yang dipenuhi sebagian atau seluruhnya.   (Buku Adt 107)


5.                  Anda ditugaskan untuk mengkonfirmasi piutang dalam audit Blank Paper Company. Anda telah menguji neraca saldo dan memilih piutang yang akan dikonfirmasikan. Sebelum permintaan konfirmasi dikirimkan, kontroler ingin mengetahui piutang yang anda ingin konfirmasikan untuk menentukan apakah dia akan mengijinkan anda mengirimkannya atau tidak.
Ia menelaah daftar tersebut dan memberitahu anda bahwa ia tidak ingin anda mengirimkan konfirmasi kepada 6 piutang dalam daftar anda. Dua bersaldo kredit, satu bersaldo nol, dua dari tiga lainnya kecil, dan yang terakhir bersaldo sangat besar. Alasannya ialah bahwa ia merasa konfiramsi tersebut yang mengecewakan para pelanggan ini. Karena mereka merupakan kelompok yang sulit diajak bekerja sama. Dia tidak setuju saldo kredit dikonfirmasi karena hal itu akan mendorong pelanggan meminta uangnya dikembalikan.
Disamping itu, kontroller meminta anda agar mengirimkan 20 konfirmasi tambahan kepada yang telah ia daftarkan. Hal ini dilakukannya sebagai cara penagihan kredit untuk mereka yang tolol yang tidak mengerti perbedaan antara akuntan publik dan petugas penagihan.
Diminta : 
a.       Pantaskah kontroler ini menelaah daftar piutang yang anda ingin konfirmasi  ?
b.      jelaskan pendapat anda mengenai kelayakan pengiriman 20 konfirmasi tambahan kepada para pelanggan.
c.       Andaikan auditor setuju dengan semua permintaan  kontroller, apakah pengaruhnya terhadap pendapat auditor ?


 




Twitter :  @mutiarahma09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar