- Fungsi Manajemen
Sampai
saat ini belum ada konsensus baik diantara praktisi maupun para
teoritikus mngenai apa yang menjadi fungsi manajemen, sering pula
disebut unsur-unsur manajemen. Berbagai pendapat mengenai fungsi –
fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakannya pendapat
beberapa penulis.
Pada
hakikatnya, maka fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut :
- Forecasting
b. Planning termasuk budgeting c. Organizing d.
Staffing atau Assembling Resources e. Directing atau commanding
f. Leading g. Coordinating h. Motivating i.
Controlling j. Reporting
adalah kegiatan meramalkan memproyeksikan atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan. Misalnya suatu akademi meramalkan jumlah mahasiswa yang akan melamar belajar ke akademi tersebut. Ramalan tersebut dengan menggunakan beberapa indikator, misalnya jumal lulusan SLTA. Suatu perusahaan industri harus mengadakan forescasting tentang penjualan hasil produksi dengan memperhatikan jumlah penduduk pada daerah penjualan, income perkapita anggota masyarakat, kebiasaan membeli dsb.
b.
Planning termasuk
budgeting
Berbagai
alasan tentang planning dari yang sangat sedrhana sampai kepada
perumusan yang lebih rumit. Ada yang merumuskan dengan sangat
sederhana, misalnya perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan
untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang agak
komplek merumuskan perencanaan sebagai penetapan apa yang harus
dicapai bila hal itu dicapai, dimana hal itu harus dicapai, bagaimana
hal itu harus dicapai, siapa yang bertanggungjawab dan penetapan
mengapa hal itu harus dicapai.
Hampir
sama dengan pembatasan terakhir dimana perumusan perencanaan
merupakan penetapan jawaban kepada 6 pertanyaan sbb :
- tindakan apa yang harus dikerjakan ?
- apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
- dimanakah tindakan itu harus dikerjakan ?
- kapankah tindakan itu dilaksanakan ?
- siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
- bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Sesungguhnya
fungsi perencanaan bukan saja menetapkan hal-hal tersebut diatas,
tetapi juga dalam fungsi perencanaan sudah termasuk didalamnya
penetapan budget. Oleh karenanya lebih tepat bila perencanaan atau
planning dirumuskan sebagai penetapan tujuan, police, prosedure,
budget dan pogram dari suatu organisasi. Jadi dengan fungsi planning
termasuk budgeting yang dimaksudkan fungsi manajemen dalam menetapkan
tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi menetapkan peraturan dan
pedoman pelaksanaan yang harus dituruti dan menetapkan ikhtiar biaya
yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh
dari rangkaian tindakan yang akan dilakukan.
c.
Organizing
Dengan
organzing dimaksudkan mengelompokkan kegiatan yang diperlukan yakni
penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari
setiap unit yang ada dalam organisasi serta menetapkan kedudukan dan
sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut. Organisasi atau
pengorganisasian dapat pula dirumuskan sebagai keseluruhan aktivitas
manajemen dalam mengelompokan orang-orang serta penetapan tugas,
fungsi, wewenang, serta tanggungjawab masing-masing dengan tujuan
terciptanya aktifitas yang berdaya guna dan berhasil guna dalam
mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.
d.
Staffing atau assembling resources
Istilah
staffing diberikan oleh Luther Gulick, Harold Koonz dan Cyril
O’Donnel sedangkan assembling resources dekemukan oleh William
Herbar Newman : istilah itu cenderung mengandung pengertian yang
sama.
Staffing
merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia
pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja,
pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga petugas
memberikan daya guna maksimal kepada organisasi.
Organizing
dan staffing merupakan dua fungsi manajemen yang sangat erat
hubungannya. Orgaizing yaitu berupa penyusunan wadah legal untuk
menampung berbagai kegiatan yang harus dilaksanakan pada suatu
organisasi, sedangkan staffing berhubungan dengan penerapan orang –
orang yang akan memangku masing-masing jabatan yang ada di dalam
organisasi tersebut.
e.
Directing atau commanding
adalah
fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan,
saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam
melaksanakan tugas maing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan
baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan
semula. Directing commanding merupakan fungsi manajemen yang dapat
berfungsi bukan saja agar pegawai melaksanakan atau tidak
melaksanakan suatu kegiatan, tetapi dapat pula berfungsi
mengkoordinasi kegiatan berbagai unsure organisasi agar efektif
tertuju pada realisasi tujuan yang ditetapkan sebelumnya.
f.
Leading
Istilah
leading yang merupakan salah satu fungsi manajemen yang dikemukan
oleh Loius A. Allen yang dirumuskannya sebagai pekerjaan yang
dilakukan oleh seorang manajer yang menyebabkan orang lain bertindak.
Pekerjaan leading meliput 5 macam kegiatan yakni mengambil keputusan,
mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer
dengan bawahan, memberi semangat, inspirasi, dan mendorong kepada
bawahan supaya merekan bertindak, memilih orang-orang yang menjadi
anggota kelompoknya serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap
bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
g.
Coordinating
Merupakan
salah satu fungsi manajemen unutk melakukan berbagai kegiatan agar
tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan :
Kegiatan,
dengan jalan menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan
bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha
mencapai tujuan organisasi. Usaha yg dapat dilakukan untuk mencapai
tujuan itu, antara lain dengan memberi instruksi,pemerintah,
mengadakan pertemuan untuk memberikan penjelasan, bimbingan atau
nasihat, dan mengadakan coaching dan bila perlu memberi teguran.
h.
Motivating
Merupakan
kegiatan salah satu fungsi menejemen berupa pemberian inspirasi,
semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan
secara sukarela sesuai apa yg dikehendaki oleh atasan. Pemberian
inspirasi, semangat dan dorongan oleh atasan kepada bawahan ditujukan
agar bawahan bertambah kegiatannya, atau mereka lebih bersemangat
melaksanakan tugas-tugas sehingga mereka lebih berdaya guna dan
berhasil guna.
- Controlling
Sering
juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yg
berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga
apa yg dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan
maksud tercapai tujuan yg sudah digariskan semula. Dalam melaksanakan
kegiatan kontroling, atasan mengadakan pemeriksaan, mencocokkan serta
mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan
rencana yang telah ditetapkan serta tujuan yg diinginkan dicapai.
- Reporting
Pelaporan
adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan
atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal
yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yg lebih
tinggi, baik secara lisan maupun tertulis sehingga dalam menerima
laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas orang yg
memberi laporan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar