Minggu, 02 Februari 2014

Manajemen Pemasaran (Kumpulan Soal UAS 2014)



1. a) Keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan bisnis dan organisasi
      dipengaruhi oleh banyak pihak. Jelaskan pihak-pihak yang mempengaruhi
      pembelian tersebut!
   b) Jelaskan jenis-jenis proses pembelian yang dilakukan oleh konsumen di pasar
      bisnis dan organisasi, serta berikan contohnya!

2. Apa yang dimaksud dengan “produk baru” dan mengapa suatu produk baru dapat menjadi kunci untuk bertahan atau faktor kesuksesan bagi suatu perusahaan? Apa  yang menyebabkan suatu produk baru menemui kegagalan? Jelaskan dan berikan contohnya!

3. Salah satu strategi perusahaan dalam memasarkan produk melalui penetapan harga. Jelaskan bagaimanakah perusahaan menyesuaikan harga untuk memenuhi  keadaan dan peluang pasar? Dan bagaimanakah perusahaan harus merespon perubahan harga pesaing?

4. Dalam memasarkan produk perusahaan melakukan kegiatan komunikasi
    pemasaran. Apakah peran komunikasi pemasaran tersebut? Dan jelaskan elemen-elemen apasajakah yang termasuk dalam bauran komunikasi pemasaran tersebut!

5. Dalam proses mengembangkan produk baru perusahaan melalui berbagai tahap,  jelaskan tahapan-tahapan tersebut! Dan jelaskan langkah-langkah untuk  mengetahui keberhasilan atau kegagalan kegiatan pemasaran suatu perusahaan!  

6  Coba Anda identifikasikan konsep inti pemasaran, masing-masing dengan penjelasan singkat! Bagaimana kedudukan dan peran pemasaran untuk saat ini dan di masa yang akan datang dibandingkan dengan fungsi bisnis lainnya!

7. Selling consept dan marketing consept merupakan dua dari sejumlah orientasi perusahaan dalam pemasaran yang memiliki perbedaan signifikan. Jelaskan kedua orientasi perusahaan itu serta perbedaannya dilihat dari aspek asumsi (kondisi yang menjadi syarat), dasar, fokus, kegiatan, dan arah capaian!.

8.  Bagaimana pemahaman Anda tentang segmenting, targeting, dan positioning dalam kegiatan pemasaran! Mengapa segmenting perlu dilakukan dan sebutkan apa saja yang dapat dijadikan dasar segmentasi itu! Jelaskan secara singkat! 

9.  Bauran pemasaran dalam kerangka program pemasaran perlu dirancang atau dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan situasi pemasaran. Coba Anda identifikasikan unsur-unsur bauran pemasaran itu, masing-masing dengan penjelasan dan contoh! Bagaimana pula unsur-unsur bauran pemasaran itu berinteraksi! (Sajian dalam gambar skematis!)

10.  Coba Anda analisis konsep dan dimensi customer satisfaction dan customer loyalty sebagai variabel kinerja pemasaran! Masing-masing dengan contoh!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar